Strategi Trading Binary Option

Anggapan bahwa trading binary option hanya dilakukan oleh orang yang berpengalaman adalah kesalahan persepsi yang beredar di masyarakat. Sebenarnya trading binary option tidak memerlukan pengalaman di bidang keuangan.

Yang dibutuhkan hanyalah strategi trading untuk memprediksi arah pergerakan aset. Apakah aset tersebut nilainya akan naik (call) atau turun (put).

Para pemain binary option terkadang mendapatkan keuntungan besar dengan hanya menggunakan strategi trading yang sederhana dan broker yang handal seperti IQ Option dan Olymptrade.

Bagaimana meminimalkan resiko

Tujuan kami  dalam tulisan ini adalah untuk menyediakan strategi yang efektif dalam memaksimalkan keuntungan anda. Ada beberapa teknik untuk mengindetifikasi sinyal-sinyal yang ada di pasar sehingga anda dapat mebuat keputusan yang tepat pada setiap transaski. Ada beberapa prinsip untuk meminimalkan resiko bagi para trader. Trading binary option memang mengandung beberapa resiko, tetapi dapat diminimalkan dengan beberapa hal berikut ini

  • Jangan pernah menginvestasikan seluruh uang anda sekaligus
  • Analisa kembali pergerakan aset trading anda sebelum berinvestasi
  • Ketika mencoba strategi trading baru, gunakan dengan hanya 5 hingga 10 persen dari modal anda

Strategi Trading

Ada banyak aset yang dapat dipilih dalam trading binary option. Tetapi, cara yang paling efektif untuk meminimalkan resiko adalah fokus pada satu aset saja. Tradinglah aset yang paling anda pahami, seperti pasangan mata uang euro – dollar. Tetaplah konsisten pada aset tersebut hingga anda benar-benar memahami pergerakannya dan jadi terbiasa sehingga dapat dengan mudah memprediksi pergerakan nilai aset itu. Dibawah ini strategi populer yang bisa digunakan dalam trading binary option.

1. Strategi trend

Strategi trading dasar yang paling banyak digunakan oleh semua trader. Strategi ini disebut juga strategi bull bear dan cara kerjanya dengan melihat 3 garis trend yaitu naik, turun dan mendatar. Sebagi contoh, jika anda memprediksi harga akan naik tetapi di garis trend terlihat mendatar maka pilihan terbaik adalah tidak membuka posisi.

Jika garis trend menunjukkan aset akan naik, maka pilihlah CALL

Contoh strategi trading binary option

Jika garis trend menunjukkan harga aset akan turun, maka pilihlah PUT

Contoh harga strategi garis trend

Prinsip metode ini sama dengan pilihan CALL/PUT kecuali pada jenis transaksi “no touch” yang menentukan apakah harga aset tidak akan menyentuh harga target. Sebagai contoh, saat ini harga saham Google sebesar $540 dan pilihan jenis trading yang digunakan adalah No Touch dengan harga batas $570 dan persentase return 77%. Jika harga tidak mencapai $570 pada waktu yang ditentukan maka anda akan mendapatkan keuntungan.

2. Strategi Pinnocchio

Strategi ini digunakan ketika harga aset naik atau turun secara drastis. Jika diprediksi naik, maka pilihlah CALL. jika harga diprediksi turun maka pilih PUT. Cobalah strategi ini pada saat menggunakan akun Demo.

Strategi trading Pinocchio

3. Strategi Straddle

Strategi ini diterapkan tepat sebelum sebuah berita penting diumumkan, yang membuat harga naik turun tidak menentu. Pada saat seperti itu, strategi inilah yang paling banyak digunakan oleh para trader. Pada strategi ini, para trader akan memilih CALL dan PUT sekaligus.

Intinya adalah kita memilih PUT ketika harga aset naik tetapi ada indikasi atau percaya bahwa harga akan segera turun secara drastis. Setelah penurunan harga terjadi, pasanglah CALL pada aset dengan harapan harga kembali naik dalam waktu singkat dan juga sebaliknya. Pengertiannya adalah memasang CALL pada saat harga aset berharga rendah dan memasang PUT pada saat nilai aset tinggi. Strategi ini akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan keuntungan pada salah satu pilihan dengan cara menghasilkan “In the money”. Strategi ini sangat digemari para trader ketika pasar bergerak naik turun dengan cepat atau ketika aset tertentu bergerak fluktuatif.

4. Strategi Pembalikan resiko atau Reversal

Strategi ini merupakan salah satu strategi yang digemari oleh para trader berpengalaman. Strategi ini bertujuan untuk menurunkan faktor resiko trading dan juga untuk memaksimalkan keuntungan. Cara kerja strategi ini adalah memasang di opsi CALL dan PUT secara bersamaan pada satu aset yang telah dipantau. Strategi reversal biasanya digunakan pada aset yang nilainya fluktuatif. Untuk menerapkannya anda membuka posisi berlawanan pada jenis opsi yang berbeda dengan harapan salah satu atau dua-dua nya mendapat keuntungan.

Pada praktek penggunaan, misalnya anda membuka posisi call pada jenis opsi high/low dan kemudian membuka posisi low pada jenis opsi no touch. Ini memungkinkan anda mendapat keuntungan setidaknya dari salah satu opsi yang ada. Dan jika harga berbalik maka kemungkinan anda bisa mendapatkan keuntungan dari kedua opsi tersebut.

5. Strategi Hedging

Strategi ini dikenal dengan juga dengan nama Pairing dan banyak digunakan oleh para trader binary option dan pasar trader saham tradisional dengan tujuan untuk memproteksi diri dan meminimalkan resiko. Dengan hedging sebuah trade tetap memberikan keuntungan meskipun pergerakan nilai berbalik naik atau turun. Strategi ini memberikan perlindungan pada investor untuk berbagai perubahan yang mungkin terjadi.

Contoh penggunaannya adalah ketakanlah anda sedang trading pasangan mata uang EUR/USD dengan waktu penutupan opsi adalah 6 jam.

Lalu setelah 4 jam, transaksi anda sudah menguntungkan, tetapi anda khawatir atas berita pasar yang di rilis pada jam ke 5. Anda takut harga berbalik arah, disinilah anda membuka posisi hedging untuk memproteksi transaksi yang sudah untung tadi. Dengan membuka opsi baru pada arah yang berlawanan dan mengatur waktu penutupannya sama dengan transaksi pertama.

6. Analisa Fundamental

Strategi ini biasanya digunakan pada perdagangan saham dan para trader menggunakannya untuk memahami aset tertentu secara lebih mendalam. Strategi ini meningkatkan akurasi prediksi perubahan harga di masa yang akan datang.

Jika anda transaksi mata uang, maka anda perlu menggali informasi tentang kalender ekonomi, laporang inflasi dari negara pengguna mata uang tersebut, situasi politik dan laporang GDP nya. Informasi ini selalu membuat harga bergerak naik turun sesuai dengan ekpetasi pelaku pasar.

Untuk aset trading beripa saham, anda membutuhkan ulasan menyeluruh terhadap kondisi keuangan dari sebuah perusahaan yang sedang anda transaksikan asetnya. Informasi yang perlu anda cari adalah laporan pendapatan, pangsa pasar dan peryataan dewan direksi. Data tersebut digunakan untuk memahami aktivitas aset dan ketahanannya pada perubahan ekonomi atau perubahan situasi keuangan yang mungkin terjadi. Sehingga para trader dapat memprediksi dan mengambil keputusan yang tepat dalam semua situasi trading yang akan terjadi di masa depan. Bila anda menggunakan robot binary option yang handal, maka langkah-langkah ini dapat anda abaikan.

Cara berlatih yang terbaik adalah membuka akun demo gratis dari salah satu brokers ini.

Buka akun gratis disini IQ Option: Buka Akun Gratis