IQ Option VS Olymp Trade – Broker Mana Yang Lebih Baik

Salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh trader binary option pemula adalah, broker mana yang terbaik? Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sangat relatif. Namun jika berbicara tentang broker binary option yang sudah banyak digunakan dan terbukti membayar, setidaknya ada 2 kandidat yang layak dipertimbangkan. Kedua platform tersebut adalah IQ Option dan Olymp Trade.

Dari kedua broker di atas, IQ Option sebenarnya sudah lebih dulu hadir. Namun meski usianya lebih muda, popularitas Olymp Trade tumbuh dengan begitu cepat. Jadi untuk mendapatkan jawaban broker binary option manakah yang terbaik, tentu akan lebih baik jika mengenal keduanya terlebih dahulu.

IQ Option

Tampilan Broker IQ Option

Popularitas IQ Option dapat dilihat dari jumlah subscriber-nya yang mencapai 25 juta. Dengan angka sebesar itu, tidak mengherankan jika broker yang satu ini mendapat predikat sebagai salah satu broker binary option terfavorit.

IQ Option menyediakan 3 tipe akun trading, yakni akun demo, akun real dan akun premium. Akun demo disediakan untuk mereka yang baru ingin mencoba dan belum berani menggunakan uang asli untuk trading. Untuk membuat akun ini Anda tidak perlu deposit terlebih dahulu. Namun jika sudah merasa mantap dan siap dengan segala risiko dari trading binary option, Anda bisa membuat akun real dengan deposit minimal $10 atau membuat akun premium dengan deposit $3,000.

Setidaknya ada 300 aset yang diperdagangkan di IQ Option. Platform trading ini juga dilengkapi fitur bantuan untuk membantu trader pemula dalam memahami sistem trading di IQ Option.

Beberapa penghargaan yang berhasil diraih IQ Option di antaranya adalah Fastest Growing Binary Option menurut versi Global Brands Magazine, Best Binary Options Broker Europe 2015 yang dianugerahkan oleh Global Banking & Finance Review dan Best Mobile Trading Platform serta Most Innovative Binary Option Platform dalam ajang IFM Awards 2015.

Olymp Trade

Tampilan Broker Olymp Trade

Sebagai broker binary option yang lahir setelah kemunculan IQ Option, Olymp Trade memiliki potensi yang cukup besar. Dalam waktu yang cukup singkat broker ini sukses mendapatkan banyak anggota dan trader yang aktif bertransaksi setiap harinya. Dalam satu hari saja, setidaknya ada 20.000 orang yang trading dengan menggunakan platform buatannya.

Olymp Trade menyediakan 2 tipe akun, yakni akun standar dan akun VIP. Untuk membuat akun standar, Anda hanya perlu deposit $10. Namun jika menginginkan akun VIP, Anda harus deposit $2,000.

Baik akun standar maupun akun VIP, keduanya sama-sama mendapat modal $10,000 untuk demo. Namun perlu dicatat, modal senilai $10,000 ini tidak dapat ditarik dan hanya bisa digunakan untuk latihan trading.

Olymp Trade juga sukses menyabet beberapa penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Platform Perdagangan Terbaik 2018 dari The Forex Award, Broker Keuangan Terbaik 2017 dari CPA Life Awards 200 dan Broker Paling Pesat Bertumbuh dari ShowFx World 2016.

IQ Option VS Olymp Trade

IQ Option vs Olymp Trade – Sumber: pexels.com

Baik IQ Option maupun Olymp Trade, keduanya memiliki sistem yang sama, yakni trading dengan sistem binary option. Keduanya juga sama-sama sudah mendapatkan sertifikasi dari CySec. Namun untuk menemukan manakah pilihan terbaik, berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Jumlah Aset yang Dapat Diperdagangkan

Dibandingkan dengan Olymp Trade, IQ Option menyediakan lebih banyak pilihan aset yang bisa diperdagangkan. Sebagai informasi, saat ini ada sekitar 70 aset yang bisa dipilih di Olymp Trade. Namun pada IQ Option, jumlah aset yang tersedia jauh lebih banyak, yakni sebanyak 300 aset.

  1. Opsi Expiry Time

IQ Option menyediakan 2 tipe trade, yakni Turbo dan Binary. Pada Turbo trade, expiry time yang tersedia adalah kurang dari 15 menit. Sedangkan pada Binary trade, expiry time-nya lebih dari 15 menit.

Di sisi lain, Olymp Trade memiliki expiry time yang lebih fleksibel. Selain bisa trading mulai dari 1 menit, Anda juga bisa menentukan expiry time sendiri dengan cara memasukkan durasi trading yang diinginkan.

  1. Opsi Cancel

Olymp Trade memiliki fitur cancel jika Anda ingin membatalkan trading yang tengah berlangsung. Fitur seperti ini tidak bisa dijumpai di IQ Option. Meski demikian, ada batasan waktu untuk membatalkan trading yang sudah dilakukan. Jumlah uang yang dikembalikan juga akan berkurang seiring dengan berkurangnya masa trade.

Manakah Broker Binary Option Terbaik

Jika pertimbangan broker terbaik hanya dilihat dari prestasi yang berhasil diraih, baik IQ Option maupun Olymp Trade sebenarnya sama-sama telah menyabet penghargaan yang tidak sedikit. Karena itu, saat berbicara tentang broker binary option terbaik, jawabannya sebenarnya kembali pada pribadi masing-masing. Semua itu sangat tergantung pada pertimbangan dan concern utama dari trader.

Misalnya jika banyaknya pilihan aset yang tersedia menjadi concern utama Anda, IQ Option jelas bisa menjadi pilihan terbaik. Dalam IQ Option, ada sekitar 300 aset yang bisa Anda pilih. Dengan banyaknya aset yang tersedia, Anda memiliki kebebasan lebih dalam menentukan aset apa yang akan Anda perdagangkan.

Di sisi lain, jika concern utama Anda adalah fleksibilitas dalam menentukan durasi trading, pilihan broker terbaik bisa jatuh pada Olymp Trade. Di sini, Anda bisa mendapatkan pilihan expiry time yang lebih beragam. Bahkan jika expiry time yang diinginkan tidak tersedia, Anda bisa membuatnya sendiri.

Baik IQ Option maupun Olymp Trade, keduanya sama-sama terbukti membayar. Keduanya juga menyediakan platform trading berbasis web dan aplikasi (Android dan iOS).

Bagi kami, IQ Option adalah broker binary option terbaik, berdasarkan pengalaman pribadi khususnya pada aplikasi trading yang lebih lengkap dan durasi penarikan dana yang lebih cepat. Di IQ Option penarikan dana rata-rata memakan waktu 6 jam pada hari kerja, sedangkan di Olymp Trade rata-rata 3 hari. (Berdasarkan pengalaman pribadi). Namun jika merasa penasaran, Anda bisa mencoba keduanya terlebih dahulu dan memilih salah satu yang memang paling sesuai dengan gaya trading Anda.

About Agus Bian

Agus Bian telah bekerja di Bank Investasi selama 10 tahun dan merupakan punulis utama di Belajar Binary Option. Dia meraih gelar Master dibidang ekonomi.

View all posts by Agus Bian →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *