Apa itu Perdagangan Binary Option – Penjelasan Lengkap Untuk Pemula

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan trading baik saham maupun forex, istilah binary option mungkin pernah Anda dengar sekilas. Perdagangan dengan sistem binary option ini belakangan sangat populer karena kemudahan yang ditawarkan serta keuntungan yang tinggi. Banyak para investor baru yang bertanya-tanya, apa sebenarnya binary option dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Binary Option

Istilah binary option sendiri merujuk pada salah satu bentuk instrumen finansial. Binary option dilakukan dengan cara membeli kontrak dari sebuah aset dan memperoleh keuntungan saat kontrak habis masa berlakunya atau kedaluwarsa. Dalam perdagangan binary option hanya ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi yakni kenaikan atau penurunan harga kontrak ketika kontrak kedaluwarsa.

Perbedaan paling mencolok antara binary option dengan trading yang lain adalah keuntungan yang sudah ditentukan di awal. Jadi Anda sudah tahu berapa nilai laba yang akan didapatkan ketika kontrak habis masa berlakunya. Keuntungan rata-rata yang bisa didapatkan dari perdagangan ini antara 80-90% setiap kali trading.

Aset yang Digunakan dalam Trading Binary Option

Dalam binary option ada beberapa pilihan aset yang legal diperdagangkan antara lain:

1. Pasangan Mata uang

Melakukan trading dengan menggunakan mata uang atau valuta asing berkaitan dengan paired option. Pada binary option, Anda bisa memberikan penawaran penukaran antara 2 mata uang fiat atau mata uang virtual seperti Bitcoin dengan fiat seperti dolar Amerika.

2. Saham Individual

Jika biasanya jual beli sahal hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki banyak dana dan berpendidikan, para pemula cenderung takut untuk memulai karena risikonya. Jika Anda tertarik untuk trading saham tapi belum begitu paham cara kerjanya, Anda bisa melakukannya dengan binary option. Lewat binary option, para pemula sekalipun bisa melakukan trading hingga ribuan macam saham tanpa harus membeli saham secara real di perusahaan tersebut.

3. Indeks Saham

Saham merupakan salah satu aset yang paling sering diperdagangkan dalam trading binary option.  Anda bisa memprediksi kenaikan atau penurunan harga saham sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa memilih beberapa indeks saham yang ada baik itu DAX, NASDAQ, Dow Jones dan lain sebagainya. Dibandingkan membeli saham melalui pialang, bermain saham dengan binary option jauh lebih mudah karena tidak dikenakan biaya dan komisi apapun.

4 . Komoditas

Membeli komoditas seperti emas, perak atau minyak mentah tentu memerlukan banyak biaya. Tapi dengan binary option, Anda bisa melakukannya tanpa harus membeli komoditas ini secara fisik.

Cara Memulai Trading Binary Option

Tertarik untuk melakukan trading lewat binary option? Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini!

  • Temukan Broker Terbaik.  Sebelum memulai trading, Anda perlu menemukan broker yang tepat. Cari tahu keseimbangan antara tingkat keuntungan dalam rentang trading yang dilakukan. Lebih baik lagi kalau Anda bertanya pada rekan yang sudah lebih dulu terjun ke dalam trading binary option. Broker yang saya sarankan adalah IQ Option
  • Mendaftarkan Diri untuk Akun Demo. Untuk memastikan platform yang Anda gunakan cukup nyaman, lancar dan memiliki semua fitur yang dibutuhkan, pastikan Anda mencoba terlebih dahulu dengan mendaftar akun demonya.
  • Setorkan Dana dan Mulailah Trading. Ketika Anda sudah memahami bagaimana cara kerja serta fungsi dari semua fitur yang ada di dalam platform, artinya Anda sudah siap untuk melakukan trading. Setorkan dana dalam jumlah yang wajar dan dapatkan keuntungan dari trading yang Anda lakukan.
  • Perbanyak Pengetahuan Seputar Trading. Ada banyak literatur yang bisa Anda jadikan referensi saat melakukan trading. Anda bisa mengikuti saran-saran tersebut atau mengambil keputusan sendiri. Perlu diingat bahwa trading binary option memerlukan keseriusan. Anda juga harus mempersiapkan diri karena risiko kerugian akan selalu ada.

Tips Memilih Broker Binary Option

Memilih broker merupakan hal yang sangat penting bagi seorang investor. Agar tidak salah pilih, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Kesan Publik dan Informasi Perusahaan

Bagaimana pandangan publik terhadap perusahaan adalah gambaran yang paling jelas tentang sebuah perusahaan. Selain itu, kelengkapan informasi yang disediakan harus transparan dan objektif. Sebelum membuat akun, tidak ada salahnya membandingkan satu broker dengan broker lainnya.

2. Ketersediaan Akun Demo

Lewat akun demo, Anda bisa mengetahui apakah situs tersebut cocok dengan Anda. Pastikan Anda mendaftarkan diri ke broker yang menyediakan layanan demo di mana Anda bisa mencoba sebelum menginvestasikan uang di sana. Tidak semua broker binary option menyediakan layanan ini.

3. Peraturan dan Keamanan

Untuk menjamin segala kegiatan trading Anda tidak melanggar hukum, pastikan Anda memilih broker yang memenuhi persyaratan dan beroperasi berdasarkan peraturan yang ditetapkan. Beberapa persyaratan yang diwajibkan oleh regulator antara lain adalah prosedur untuk mencegah penipuan dan pencucian uang.

4. Opsi Deposit dan Withdraw

Untuk melakukan transaksi internasional baik deposit maupun withdraw, bank-bank nasional belum sepenuhnya melayani. Anda biasanya diharuskan memiliki layanan dompet elektronik seperti PayPal, Visa atau Mastercard untuk bisa melakukannya. Perhatikan juga tingkat biaya dan potongan dari setiap transaksi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Itulah beberapa hal mendasar yang harus diketahui oleh trader pemula yang ingin memulai trading binary option.

About Agus Bian

Agus Bian telah bekerja di Bank Investasi selama 10 tahun dan merupakan punulis utama di Belajar Binary Option. Dia meraih gelar Master dibidang ekonomi.

View all posts by Agus Bian →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *